Posted by : Reza Dermawan March 01, 2013


Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Di Indonesia
  
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Jika dilihat pada saat sekarang ini perkembangan teknologi informasi terutama di Indonesia semakin berkembang. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif karena dengan berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan cara yang berkembang sebelumnya. Saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendapatkan ilmu, berbagai aplikasi tercipta untuk memfasilitasinya.

Di Indonesia yang notabenenya sebagai negara berkembang dimana ketersediaan infrastruktur komunikasi yang masih minim mengakibatkan kesempatan setiap orang untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan menjadi terbatas. Ketersediaan infrastruktur ini sangat terasa di daerah-daerah yang proses memperoleh informasinya masih terbatas. Hal ini dikarenakan di Indonesia penyebaran teknologi informasi dan komunikasi belum merata, sekarang ini hanya di kota-kota besar sajalah yang sudah dengan mudah menikmati dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Dengan demikian perkembangan pendidikan pun menjadi terhambat dan juga tidak merata.
 Salah satu wadah yang dirasa paling berperan dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia saat ini adalah internet. Di Indonesia terutama yang berada di kota-kota besar sudah banyak masyarakat yang mempunyai akses internet, sehingga pemanfaatan internet sebagai salah satu media pembelajaran dan pencarian informasi dan pengetahuan dapat lebih maksimal walaupun akses internet di Indonesia belum sepenuhnya dapat dirasakan semua orang.
Informasi melalui media internet, bisa menjadi salah satu kunci untuk membuat dunia pendidikan di Indonesia mempunyai standar yang sama dengan negara lain. Dengan menggunakan media internet, pemerintah dan institusi pendidikan sudah mulai menerapkan pola belajar yang cukup efektif untuk diterapkan bagi masyarakat yang memiliki kendala dengan jarak dan waktu untuk mendapatkan informasi terutama informasi dalam dunia pendidikan. Salah satu metode yang mulai diterapkan yaitu pembelajaran distance learning. Metode distance learning merupakan suatu metode alternatif dalam pemerataan kesempatan dalam bidang pendidikan. Sistem ini diharapkan dapat mengatasi beberapa masalah yang ditimbulkan akibat keterbatasan tenaga pengajar yang berkualitas. Metode distance learning sangat membantu siswa atau masyarakat dalam mempelajari hal-hal atau ilmu-ilmu baru dengan tampilan yang lebih menarik dan mudah untuk dipahami. Dalam pengaksesan dan pemanfaatan metode ini, peran internet sangatlah diperlukan, karena melalui internet seseorang dapat mengirim file atau meng-upload file yang ingin dipublikasikan dan melalui internet juga seseorang dapat mengakses file yang ingin dicari. Selain metode distance learning, masih banyak metode-metode lain yang sangat membantu dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, diantaranya dengan adanya modul-modul pembelajaran gratis yang tersedia, portal pembelajaran online,dan lain-lain.
Jika kita melihat ke negara lain, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia bisa dibilang cukup tertinggal. Peran pemerintah sangat diharapkan untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia. Pemerintah diharapkan dapat menyamaratakan perkembangan teknologi informasi disemua daerah di negara ini. Pemerintah diharapkan dapat membantu daerah-daerah yang penyampaian proses informasinya masih minim dan tidak hanya fokus pada daerah atau kota-kota besar saja seperti yang terjadi pada saat sekarang ini, karena pada kenyataannya peran daerah dalam mendukung perkembangan teknologi informasi dan perkembangan pendidikan di Indonesia sangatlah penting.
Dengan belum meratanya penyebaran teknologi informasi akan berpengaruh terhadap proses perkembangan pendidikan. Hal ini dikarenakan peran teknologi informasi di dunia pendidikan sangatlah penting. Dengan adanya teknologi informasi segala macam ilmu pengetahuan dan informasi dapat diterima dan didapatkan dengan mudah dan cepat. Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan komunikasi merupakan sektor yang paling dominan.
Teknologi Komunikasi adalah sarana dimana dapat disimpan,diolah sehingga terjadinya persamaan persepsi dan tindakan.teknologi ini bertujuan untuk menghubungkan persepsi satu dengan yang lainnya yang dapat diterima secara global.Peran yang diberikan oleh teknologi komunikasi dan teknologi informasi adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan hobi,rekreasi,dan lain lainnya.
Sarana kerjasama antara pribadi atau kelompok yang satu dengan yang lainnnya tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat pertukaran pikiran.
Perkembangan teknologi informasi dan teknologi komunikasi memacu suatu cara baru dalam kehidupan, dari kehidupan dimulai sampai dengan berakhir,kehidupan seperti ini dikenal dengan e-life, artinya kehidupan ini sudah dipengaruhi oleh berbagai kehidupan elektronik.
Dan sekarang ini sedang semarak dengan berbagai huruf yang dimulai dengan awalan e- seperti: e-government ,e-commerce adalah e-ducation, e-journal, e-medicine, e-laboratory, e-book, e-ktp, dan mungkin saja semakin berkembang dan munculnya e-surat nikah, e-kartu keluarga, e-akte kelahiran, e-KTM.dan sebagainya.
 Sekarang ini banyak sekali kejahatan dalam internet atau yg disebut-sebut dengan Cyber Crime.internet sendiri merupakan jaringan komputer yang terhubung dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon (baik kabel maupun wi-fi). jaringan jutaan komputer ini memungkinkan berbagai aplikasi dilaksanakan antar komputer dalam jaringan internet dengan dukungan software dan hardware yang dibutuhkan.Untuk bergabung dalam jaringan ini,satu pihak (Provider) harus memiliki progam aplikasi serta bank data yang menyediakan informasi dan data yang dapat diakses oleh pihak lain yang tergabung dalam internet. Pihak yang telah tergabung dalam jaringan ini akan memiliki alamat tersendiri (bagaikan nomor telepon) yang dapat dihubungi melalui jarngan internet. Provider inilah yang menjadi server bagi pihak-pihak yang memiliki personal komputer (PC) untuk menjadi pelanggan ataupun untuk mengakses internet.
Sejalan dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi internet juga semakin maju.pada tahun 1999,jumlah komputer yang telah dihubungkan dengan internet di seluruh dunia mencapai lebih dari 40 juta dan jumlah ini terus bertambah setiap hari.Saat ini jumlah situs web mencapai ratusan juta,bahkan mungkin triliyunan, isinya memuat bermacam macam topik.Tentu saja ,situs-situs itu menjadi sumber informasi baik yang positif maupun negatif. Informasi dikatakan positif apabila bermanfaat unutk penelitian. Dari pengamatan yang dilakukan, bisa diketahui bahwa semakin lama pengguna internet semakin penting sebagai sarana komunikasi.
Fasilitas inernet seperti social messaging sangat popular dikalangan masyarakat. baik sebagai sarana komunikasi maupun alat untuk mencari data untuk penelitian,dan juga untuk memperluas pertemanan antar pengguna internet. selain itu penggunaan internet telah menimbulkan adanya bahasa baru yang dikenal sebagai ‘bahasa internet’ . bahasa yang dipakai tergantung dengan siapa pengguna berkomunikasi.

      Meluasnya akses terhadap fasilitas komunikasi dan alat informasi termasuk internet dalam beberapa tahun terakhir ini telah menciptakan transformasi yang besar dalam sesama pengguna internet. Dunia internet semakin berarti bagai anak-anak. Internet memungkinkan anak-anak mengambil ilmu pengetahuan atau informasi dari situs-situs yang tidak mengenal waktu dan jarak. Disamping itu masih banyak yang didapat dari internet, misalnya
1. Surat menyurat (email) , fasilitas ini sudah sering klai kita dengar karena dengan fasilitas ini tidak hanya untuk saling mengirim pesan yang panjang tapi juga dapat mengirim tugas dalam proses belajar.

2. Berbincang (chatting),  fasilitas ini memungkinkan orang untuk saling berkomunikasi satu sama lainnya, dengan belahan dunia manapun.

3. Mengambil/mengirim  informasi (download/upload), berbagai informasi apapun dapat diperoleh melalui internet,dan juga kita dapat mengirimkan (upload) informasi-informasi penting yang kita ketahui.
 4. Menggunakan teknologi “Teleconference”(berbincang dengan beberapa orang dalam sekaligus), karena dapat menghemat waktu,kapasitas untuk membagikan informasi tidak perlu mengenal letak geografis.




5. Mendapatkan hiburan,tidak hanya bagi orang dewasa saja, anak-anak kecil pun sudah memanfaatkan internet,walaupun hanya untuk mendapatkan kesenangan.


6. Internet juga memotivasi cara belajar anak (e-learning) dengan cara memanfaatkan software yang menarik minat anak belajar.isi atau materi pelajaran yang menarik diharapkan dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan kegembiraan. Sekaligus menghindarkan anak dari rasa tertekan saat belajar karena menganggap pelajaran sulit dan menakutkan, dan sebagainya.

    Sudah saatnya pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran dilaksanakan dan didukung pemerintah. Pemerintah juga harus memberikan perhatian khusus agar para pengajar sadar betapa banyaknya kemudahan pembelajaran yang bisa diperoleh lewat pemanfaatan internet . Orang tua juga harus paham, internet bukan hanya membawa dampak negatif pada anak tapi juga memberikan potensi besar untuk si anak menjadi lebih kreatif dan memndapatkan informasi yang berguna bagi si anak tersebut.

     Tapi sudah tidak diragukan lagi bahwa memang internet membawa dampak negatif. dan tidak ada pengaman yang pasti untuk membatasi situs-situs atau tindakan yang seharusnya tidak dilakukan oleh masyarakat. memang pengaman utama adalah otak kita sendiri.
 1. Pornografi, banyak orang beranggapan internet identik dengan pornografi itu memang tidak salah,untuk mengatasi hal ini,para produsen “browser” melengkapi progam mereka dengan meilih beberapa homepage tidak dapat di akses. tetapi tetap saja itu tidak bisa menghentikan pornografi karena banyak cara untuk menembus pengaman tersebut.contoh saja banyak kasus-kasus skandal yang tersebar melaui internet.


2. Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan,karena isi dari internet tidak terbatas, maka para penjual situs menggunakan berbagai cara untuk menjual situs mereka,salah satunya dengan cara menampilkan hal-hal yang bersifat tidak biasa.



3. Penipuan di dalam dunia maya penipuan pun terjadi disini.cara untuk mengatasinya pun sulit.jadi pengguna internet sangat berhati-hati.

4. Pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit bajakan,cara seperti ini banyak sekali di lakukan di internet.sampai sekarang pun cara ini sangat banyak dan belum terselesaikan.

5.Perjudian. dengan berjudi di dalam dunia maya,si penjudi tidak perlu ke tempat khusus untuk berjudi.

      

Keamanan teknologi informasi dan komunikasi pun terancam,orang semakin gampang mencari informasi yang dibutuhkannya contohnya mencari seseorang hanya menggetik namanya saja sudah dapat mengetahui informasi dari orang tersebut.dan juga  berbagai sumber informasi atau berita yang tidak pasti ,jadi sulit membedakan mana yang benar mana yang salah. sehingga sekarang banyak yang idak mempedulikan salah atau benar karena bagai beberapa dari mereka dicaripun tidak akan ada jawabannya.sebenarnya yang harus diamankan adalah diri kita masing-masing,harus bijak dalam memilih informasi yang tepat bagi kita dan masyarakat luas.
Menurut pendapat para pakar informasi, dampak negative dari berbagai fasilitas komunikasi, termasuk internet, sama sekali tidak dapat dipandang sebelah mata, karena dampak negatif tersebut sangat mempengaruhi aktivitas penggunanya.
Dampak negatif TIK diatas dapat dicegah dengan cara-cara berikut:

1. Menegakkan fungsi hukum yang berlaku, misalnya pembentukan chiber task yang bertugas untuk menentukan standar operasi pengendalian dalam penerapan teknologi informasi di instansi pemerintah. Hal ini meliputi keamanan teknologi, system rekap data, serta fungsi pusat penanganan bencana.
2. Menghindari penggunaan telepon seluler berfitur canggih oleh anak-anak dibawah umur dan lebih mengawasi pemakaian ponsel.

3. Televisi:
·         Mewaspadai muatan pornografi, kekerasan, dan tayangan mistis.
·         Memperhatikan batasan umur penonton pada film yang tengah ditayangkan.
·         Mengaktifkan penggunaan fasilitas Parental Lock pada TV kabel dan satelit.
·         Menghindari penempatan TV pribadi di dalam kamar.
4. Komputer dan internet:
·         Mewaspadai muatan pornografi digital (online maupun offline).
·         Mewaspadai kekerasan pada game.
·         Cek history browser pada computer anak untuk melihat apa saja yang sudah dilihatnya.
·         Menggunakan program filtering dan Parental Control.
·         Meletakkan computer pada tempat yang dapat diawasi, hindari penempatan computer di dalam kamar.
·         Jika terpaksa meletakkan computer dalam kamar anak, jangan melengkapinya dengan fasilitas internet.
5. Perbanyak buku yang bersifat edukatif di rumah.

Disamping Teknologi informasi memiliki manfaat yang sangat banyak. Tapi, selain itu masih banyak kendala dalam penerapan aplikasi teknologi informasi itu sendiri. Diantaranya :

·         Kurangnya ketersediaan sumber daya manusia
·         Kurang siapnya proses transformasi teknologi
·         Belum memadainya infrastruktur telekomunikasi
·         Belum memadainya perangkat hukum yang mengaturnya
·         Memerlukan biaya yang cukup tinggi
·         Belum meratanya jaringan di seluruh Indonesia

KOMENTAR

Peraturan Sebelum Komentar !!

Jika Anda Follow Blog Saya Saya Akan Follow Back, anda berkomentar saya komentar balik di blog anda , Silahkan Tinggalkan Komentar Dengan Ketentuan :
[+]Blog ini Sudah Disetting menjadi DoFollow jadi Dilarang Spam, Sara, Menghujat Dan Merugikan Orang Lain.
[+]Dilarang Memasang Link Hidup Di Komentar.
[+]Cantumkan Link Sumber Artikel blog ini Jika Ingin Copy Paste.
[+]Menggunakan Bahasa Yang Sopan, Kalo bisa sesuai dengan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Terima Kasih Sudah Berkunjung. :D